Sabtu, 01 Oktober 2011

Etika Berlatih di Gym



Apakah Anda orang yang tertib saat berlatih di gym? Apakah Anda pernah ditegur seseorang saat sedang berlatih di gym? Mungkin ada beberapa hal yang tidak Anda pahami. Setiap gym memiliki aturan dan etika tertentu yang harus dipatuhi setiap orang yang berlatih di dalamnya.
Beberapa gym biasanya memasang pemberitahuan aturan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Anda tentu pernah menemukan orang yang sangat mengganggu ketika sedang berlatih di gym. Terkadang mereka tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan, begitupula dengan Anda.

Nah, berikut ini adalah beberapa etika saat berlatih di gym yang perlu Anda ketahui dan terapkan, antara lain:
  • Tertib dan rapi. Setelah menggunakan beban, simpan kembali beban tersebut di tempat yang seharusnya agar orang lain tidak kesulitan mencari beban tersebut ketika akan menggunakannya.
  • Jangan berteriak. Beberapa orang berteriak keras saat mengangkat beban agar terlihat lebih hebat. Tetapi mereka tidak menyadari bahwa orang lain mungkin akan terganggu.
  • Jangan menggurui. Jangan memberi tahu orang lain apa yang harus mereka lakukan bahkan jika postur dan gerakan mengangkatnya salah, kecuali mereka meminta Anda untuk memberikan nasihat.
  • Jaga kebersihan. Pastikan diri Anda rapi dan bersih setiap saat. Selalu gunakan pakaian yang baru saat berlatih, dan simpan perlengkapan Anda ditempat yang baik.
  • Jangan terlalu banyak mengobrol. Beberapa orang pergi ke gym karena hanya ingin bersosialisasi. Tetapi kebanyakan orang datang ke gym untuk membentuk tubuh dan mendapatkan kebugaran, bukan untuk mengobrol.
  • Perhatikan orang lain. Sadarlah bahwa peralatan gym adalah milik semua orang yang berlatih di dalamnya. Jangan bersandar pada mesin atau duduk di bangku saat Anda beristirahat antar set, karena mungkin orang lain ingin menggunakannya.
  • Gunakan handuk bersih. Selalu gunakan handuk bersih dan baru setiap kali latihan untuk mengelap keringat Anda agar tidak bercucuran dan menetes di mana-mana. Bersihkan keringat Anda pada peralatan setelah menggunakannya.
  • Jangan membuat kebisingan. Anda pasti pernah merasa terganggu oleh suara berdentang keras dari beban yang terjatuh dengan kasar. Simpan beban dan gunakan mesin dengan lembut dan berhati-hati. Karena perlakuan yang kasar akan membuat peralatan rusak sekaligus mengganggu orang lain. Gunakan bobot yang sesuai dengan kemampuan angkat Anda.
Kesimpulannya adalah, Anda harus lebih peka terhadap orang lain. Anda tentunya menginginkan latihan yang aman dan nyaman tanpa gangguan, sama halnya dengan orang lain. Cobalah tanamkan etika ini dalam diri Anda agar latihan Anda menjadi lebih baik sekaligus menciptakan suasana latihan yang nyaman.
 
 
 
sumber : http://alam-hadi.blogspot.com/2011/09/etika-berlatih-di-gym.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar