Kamis, 18 Agustus 2011

Apa itu Bintik Biru Mongolia?

PENGERTIAN

Bintik Biru Mongolia adalah area kulit kebiruan yang biasanya muncul pada saat kelahiran (atau segera setelahnya). Tanda ini biasanya muncul di tulang punggung, di bokong, atau bahu. Tanda ini dapat juga muncul pada bahu, punggung atas, lengan, pergelangan tangan, kaki, pergelangan kaki, lateral perut dan di tempat lain dan nyaris tidak muncul di telapak tangan, telapak kaki, wajah dan kepala. Bentuknya tidak beraturan dan halus. Bintik Biru Mongolia bersifat jinak dan tidak berhubungan dengan kondisi atau penyakit tertentu.


Bintik Biru Mongolia disebabkan oleh jebakan dari melanosit di dalam dermis selama mereka migrasi dari puncak saraf ke epidermis dalam perkembangan janin. Mikroskopis dermal melanocytoses terlihat di semua bayi yang baru lahir terlepas dari ras apapun ibunya. Bintik mongol diperkirakan karena jebakan dari melanosit (sel pigmen) di dalam dermis yang telah gagal untuk mencapai lokasi yang tepat di epidermis dalam perkembangan embrio.

  
Gejala 
Bintik Biru Mongolia tidak berhubungan dengan penyakit. Gejala termasuk area biru atau biru-abu-abu titik-titik di belakang, bokong, pangkal tulang belakang, bahu, dan daerah tubuh lainnya dengan bentuk tak beraturan dan tidak jelas ujungnya, tekstur kulit normal, lebar bintik-bintik biasanya 2-8 cm.

Kadang-kadang, Bintik Biru Mongolia mirip dengan memar, yang dapat memungkinkan terjadinya persepsi penganiayaan anak-anak. Penting untuk menyadari bahwa Bintik Biru Mongolia adalah tanda lahir, dan bukan memar akibat penganiyaan.

Perawatan  
Tidak ada perawatan yang diperlukan atau direkomendasikan 



sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9702140 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar